Selasa, 04 Juni 2013

Welcome To BATAM ISLAND ! ;-)

Saya beminat menulis artikel ini karena saya adalah seorang yang berasal dari salah satu provinsi di Kepulauan Riau ini. Kota Batam bagi saya sendiri adalah Rumah Kedua setelah Medan. Saya benar-benar merasa Nyaman disana dan Tenang karena tidak kompleks seperti di Kota Medan yang Ramai Namun Tetap Elegan. :)
Kota Batam punya Pengaruh yang kuat dalam Backgound hidup saya karena di kota inilah saya seakan merasakan Momen Transformasi dalam hidup saya!
Ya, Virtual Tentu saja ! Saya merasakan Pengalaman hidup dan Penglihatan-Penglihatan baru tentang Nilai-Nilai di sana.

Tentang apa itu artinya Berjuang, Tentang apa itu artinya Kehidupan dan Tentang apa itu artinya Loyalitas!
Batam, sebuah kota yang terus berkembang pesat adalah tempat ''pengasingan'' saya dari Kehidupan yang kompleks...

Kota Batam berbatasan Langsung dengan Singapore, Sebagai salah satu provinsi yang paling dekat dengan negara tetangga, maka tidak heran Singapore memiliki banyak pengaruh pada kehidupan Batam. Jarak hanya 45 menit ditempuh dengan kapal feri  ditambah 5 terminal feri tersebar di mana-mana sehingga tidak mengherankan bagi kebanyakan orang di Batam tentu pernah pergi ke Singapura. Saya sering pergi di pagi hari berkeliaran di sana sampai larut malam dan baru pulang pada feri terakhir. Jadi tidak perlu membayar sewa hotel yang sangat mahal di sana. Harga tiket berkisar sekitar 40 dollar singapore . Jika ada hari libur umum yang panjang, dapat dipastikani kota Batam akan menjadi kota mati karena banyak yang kembali ke kota asal mereka (karena sebagian besar warga di Batam adalah pendatang) atau warganegara  asing seperti Singapura, Malaysia dll ..






 Ketika saya mengunjungi Jakarta, saya pernah ditanya oleh teman saya jika di Batam menggunakan dollar Singapura ya? Hah pertanyaan yang menarik. Tentu saja tidak, tetapi jika Anda pergi ke butik belanja di mal dan tidak ada lagi rupiah, mereka masih menerima dolar. Bahkan, itu lebih menguntungkan untuk menggunakan dolar untuk dompet, tas, dan pakaian yang biasanya diimpor dari Singapura. Oleh karena itu money changer menjamur di Kota Batam. Batam juga didorong oleh ekonomi banyak perusahaan asing dari  galangan kapal di Batam, Elektronik, manufaktur dll .. Mereka mengatakan Batam adalah surga pencari kerja (apalagi dengan naiknya UMK untuk tahun depan diatas Rp. 2 juta )  karena ada banyak perusahaan yang bergabung dengan penerapan Free Trade Zone (FTZ) di Batam .


Tidak ada komentar:

Posting Komentar